Sabtu, 20 April 2013

Penikmat musik

Aku adalah penikmat musik, apa saja boleh yang penting enak didengar dan memiliki estetika. Karena satu dan lain hal, aku tidak suka musik lokal. Ya entah karena makin lama makin monoton dan menjemukkan, atau karena musik lokal makin miskin kualitas, aku yang tetap haus mendengarkan alunan melodi pun “kabur” ke negeri seberang di Jepang sana, yang ternyata memiliki dunia musik yang sama sekali berbeda dan kaya ragamnya.

Kurang lebih sepuluh tahun aku jadi pendengar tetap musik-musik Jepang, bahkan aku jauh lebih tahu perkembangan musik di sana daripada di Indonesia, hehe. Lalu tulisan ini aku buat sebagai acuan dan referensi saja bagi teman-teman yang ingin mencoba mendengarkan sesuatu yang lain, juga sebagai apresiasi terhadap kreativitas para musisi negeri sakura sana.


Peringkat dan penilaian yang kubuat di sini tidak berdasarkan angka penjualan, karena mesti diketahui bahwa musisi terlaris nomor satu sepanjang masa di Jepang adalah B’z yang penjualannya mencapai 72 juta kopi,  lebih dari dua kali lipat lebih banyak dibanding peringkat kedua Mr.Children dan GLAY di peringkat ketiga. Sedangkan musikalitas B’z sendiri tidak bisa disebut yang terhebat.


Aku juga tidak mengategorikannya berdasarkan Visual Kei atau band normal, juga tidak dikelompokkan dari segi aliran: rock, pop, metal, dsb. Semuanya berdasarkan kualitas musik dan estetika, juga sedikit subjektifitasku selaku pendengar yang mencoba sekritis mungkin. Inilah top 10 Japanese Band versi OOTRS, silakan ditanggapi dengan budiman.

10. Janne da Arc

Band yang satu ini memiliki ciri khas pada musiknya yang megah dan suara vokalisnya yang cempreng dan terkesan tergesa-gesa seperti dikejar setan, tapi itulah yang bikin lagu-lagu mereka tidak bisa ditemukan di band lain. Simak suara efek instrumen-instrumen  aneh yang muncul pada timing yang ganjil di lagu mereka, lama-lama kamu bakal suka deh.
Lagu yg direkomendasikan: Black Jack, Shining Ray, Dolls, Cells.







9. Luna Sea
Merekalah yang seharusnya diakui sebagai pencetak aliran visual kei. Namun lama kelamaan musiknya berganti haluan menjadi pop mainstream. Ini band kolot yang legend, secara sudah bubar dan konon reunian lagi. Entahlah, rada simpang siur. Tapi beberapa lagu mereka layak ada di playlist iPod kamu. Jangan kebanyakan, soalnya lama-lama membosankan.
Lagu yg direkomendasikan: Love song, I for u, Inside u, rosier.








8. Kagrra
Saat pertama kali mendengarkan lagu-lagu Kagrra, kamu pasti berpikir “inikah lagu tradisional Jepang…?” . Musik mereka memang patut diapresiasi karena selain banyak memakai alat musik tradisional Jepang yang betul-betul menjadi instrument penting bukan hanya tempelan, memang notasi dan liriknya seperti lagu tradisional. Dengarkanlah sambil menikmati rintik hujan, akan terbayang suasana musim gugur dan dingin di Jepang. Hebring…!
Lagu yg direkomendasikan: Sai, Utakata, Arishihi no bisou, Shizuku.









7. Deluhi
Band anyar yang tergolong muda. Mengingatkan saya pada Malice Mizer era Gackt, tapi yang ini jauh lebih ribut, kuat, dan bertenaga. Tempo cepat dan irama sangar, amat cocok buat ngilangin stres sehabis gagal cinta. Tidak dianjurkan menyetel Deluhi keras-keras di malam hari.
Lagu yg direkomendasikan: F.T.O, Two hurt, no salvation!.








6. Dir en Grey
Di luar segala musiknya yang luar biasa mengesankan, silakan liat video aksi panggung mereka. Tapi kadang saya suka ngilu sih lihat vokalisnya menyayat perut, bibir, sampai lidah pakai pisau sampai banjir darah. Entah deh, aneh. Tapi aksi bleeding itu banyak ditiru para penampil di acara jifest, yang malah bikin repot panitia dan tim medik.
Lagu yang direkomendasikan: Glass Skin, Clever Sleazoid, Dozing Green.









5. Girugamesh
Musiknya mirip-mirip Linkin Park deh. Dandanan mereka serba hitam.  Sebelum bagian reff, Satoshi pasti ngerap, dan ketika memasuki reff, tabuhan drum dan distorsi gitarnya jadi heboh. Ya over all, sangat bagus dan bolehlah dicantumkan di playlist.
Lagu yg direkomendasikan: Break Down, Alive, Crying Rain.









4. L’Arc~en~ciel
Band legendaries yang masih eksis. Mungkin pencinta musik Jepang awam atau para gadis menyebut Laruku adalah band terbaik di Jepang, bahkan di Asia. Tidak salah-salah juga sih, musik mereka disukai di luar negeri. Semua personilnya skillfull dan jago bikin lagu. Hyde sang vokalis juga tampan tiada duanya, suara falsetnya keren. Tapi buat yang sudah mengikuti Laruku lebih dari sepuluh tahun, pasti merasa bahwa lagu-lagu baheula mereka lebih enak didengar daripada yang dewasa ini. Disadari atau tidak, mereka makin kebarat-baratan, dan justru jadi begitu-begitu saja. Tapi secara umum kualitas mereka memang papan atas!
Lagu yang direkomendasikan: banyak….! Blurry Eyes, Heavens Drive, Stay Away, dll.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgoDZUuyw3ASpS8XiNaz9pfQAY_EeNfJNYGrit677J8sF8Oa84Z0_IYYtMQLAmGflEbPA2_qN5dC4GNNTxmoj2w8kk1FNvl3HuqmkqMjql2RyzNbQ-lrJcQff_dwC-S11bQ5hU_hHCcyi8/s1600/11491788du2.jpg






3. UVERworld
Ini band yang bikin saya mengacungkan lima jempol. Karakter terkuat memang ada pada Takuya si vokalis, yang bisa-bisanya memainkan banyak gaya suara dalam satu lagu, dan semuanya masuk gitu lho… sambung menyambung bersama irama gitar dan drum yang juga kuat tapi lembut dan berwibawa. Perlu diakui, musikalitas mereka sangat jenius. Bagian ngerap bercampur mendayu-dayu, dipadukan irama ngebeat yang cepat juga masih ada nuansa rock. Hanya UVERworld yang punya.
Lagu yg direkomendasikan: Gekidou, Brand New Ancient, Shamrock, D-technorize.









2. LAST ALLIANCE
Sayang sekali mereka bukan lahir di Amerika dan merintis karir di sana. Kendati sudah merilis lima album dengan belasan single yang top, penggemar mereka di Jepang terbatas pada kalangan anak muda yang doyan pogo. Padahal bisa dicermati lagu-lagunya, tidak akan ada yg tidak memuji. Sekali lagi, ternyata di Jepang pun selera pasar berkuasa. Last Alliance adalah satu musisi yang kurang diapresiasi di Jepang hanya karena aliran mereka beda sendiri (padahal aliran mereka akan cocok di telinga kita, gaya-gaya System of a Down lah). Tapi menikmati lagu-lagu Last Alliance memberikan cita rasa dan kenikmatan sendiri. Cocok dipakai sebagai soundtrack onani.
Lagu yg direkomendasikan: Lucky Luciano ni Utareru Mae Ni, Spiral World, Hekireki, Colour Desert, dll.








1.     GLAY
Tidak usah kaget atau menyanggah. GLAY lah musisi yang paling disukai rakyat Jepang. Bahkan Kaisar Jepang memohon agar GLAY tidak usah go internasional, supaya musiknya tetap terjaga cita rasanya dan juga supaya GLAY hanya dikhususkan untuk rakyat Jepang saja. Puluhan konser dengan penonton ratusan ribu sudah mereka selenggarakan, itu sebagai bukti betapa termasyurnya mereka di negerinya.

Musiknya lengkap, ada pop mainstream, ada lagu pesta yang ceria, jazz dan blues, ada rock n roll, sampai-sampai lagu bernuansa orchestra paduan suara pun banyak. Memang secara penjualan total, GLAY hanya berada di posisi tiga artis terlaris sepanjang masa di Jepang. Namun setelah berulang-ulang menikmati satu per satu lagu mereka, kau akan sadar bahwa ada “sesuatu” yang kuat sekali dalam setiap lagunya, sesuatu yang mengantarkan kita pada sebuah nuansa suasana dan makna akan perasaan tertentu. Betapa kuat karakter empat sekawan ini: Takuro (gitar), Hisashi (Gitar), Teru (vokal), dan Jiro (bass). Listen they happy swing.
Lagu yg direkomendasikan: Banyak…! Beloved, I’m in Love, Beautifull Dreamer, Winter Again, Freeze my Love, Glorious, White Road, Think about my daughter, Peak Hateshinaku, dll.








Mana nih Gazette, Alice Nine, X-Japan, B’z, Screw, CELLT, Mucc, Vidoll, Phantasmagoria, Versailles, dll? Iya, aku rasa mereka yang tidak tercantum juga bagus tapi ya belum untuk 10 besar. Namun kalau daftarnya dibikin sampai 50 besar, ya mungkin semua bisa masuk, hehe.
            Tentu saja list di atas sama sekali tidak mutlak. Setiap orang memiliki pandangan dan selera masing-masing. Yang jelas, sepuluh nama di atas adalah para musisi yang memiliki pengaruh dan karakter kuat saat ini.
            Salam… //:D

4 komentar:

  1. Keren gan, ntr kalo ada yang baru jgn lupa kabrin kita jg ya^^
    klo smpet maen2 ke blog ane jg gan, biar kta bs shre http://anjirin.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, mksih ..
      ntr ane jg ke blog ente ..

      Hapus
  2. 10 Japanese Band Jpan I like its, ane
    senang gan baca2 blog ente, mslahnya ane suka ke jepang1n gt gan ( apalgi anime nya )
    ntr klo ada lagi kbrin gan, dtggu :D !!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus